Selasa, 19 Juni 2012

CANDI BOROBUDUR

CANDI BOROBUDUR KEAJAIBAN BUDAYA SEJARAH DUNIA

Photo by Masa Tours & Travel
Candi Borobudur merupakan candi terbesar di dunia dan merupakan salah satu keajaiban budaya dansejarah dunia yang dilestarikan oleh bagsa Indonesia. Candi Borobudur merupakan mahakarya Wangsa Syailendra yang terletak di Desa Borobudur lebih kurang 3 km dari Kota Mungkin atau berjarak 40 km dari Yogyakarta.







Candi Borobudur yang dibangun oleh Raja Samaratrungga dari Dinasti Syailendra pada abad VIII. Berdasarkan prasasti Kayumwungan, seorang Indonesia bernama Hudaya Kandahjaya mengungkapkan bahwa Borobudur adalah sebuah tempat ibadah yang selesai di bangun 26 mei 824, hampir seratus tahun sejak masa awal dibangun. Nama Borobudur sendiri menurut beberapa orang berarti sebuah gunung yang berteras-teras (buddhara), sementara beberpa yang lain mengatakan Borobudur berarti biara yang terletak di tempat tinggi.

Candi Borobudur berbentuk punden berundak terdiri dari 10 (sepuluh) tingkat. Tingginya 42 meter sebelum direnovasi dan 34,5 meter setelah direnovasi karena tingkat paling bawah berbentuk bujur sangkar dan tiga tingkat di atasnya berbentuk lingkaran, dan satu tingkat tertinggi yang berupa stupa Buddha yang menghadap ke arah Barat. Setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia. Sesuai mahzab Buddha Mahayana, setiap orang yang ingin mencapai tingkat sebagai Buddha mesti malalui setiap tingkatan kehidupan tersebut.

Setiap tahun pada bulan purnama penuh di bulan Mei atau Juni, umat Buddha di Indonesia memperingati Waisak di Candi Borobudur. Waisak diperingati sebagai hari kelahiran, kematian dan saat ketika Siddharta Gautama memperoleh kebijaksanaan tertinggi dengan menjadi Buddha Shakyamuni. Ketiga peristiwa ini disebut sebagai Trisuci Waisak. Upacara Waisak dipusatkan pada tiga buah candi Buddha dengan berjalan dari Candi Mendut ke Candi Pawon dan berakhir di Candi Borobudur.

Kami menyarankan kepada Anda bila anda akan mengunjungi obyek wisata Candi Borobudur ini datanglah selain hari Minggu dan libur nasional, suasananya lebih sepi dan santai.. Bila ingin mengelilingi Candi Borobudur Anda bisa menyewa kereta atau naik gajah dengan harga yang terjangkau. Kami Masa Tours & Travel memberikan paket perjalanan wisata budaya dan wisata sejarah dengan fasilitas yang sangat baik dan harga yang relatif murah.

Khusus untuk wisatawan asing, kami akan menjemput di Bandara Lokasi tempat awal mula paket tours yang telah disetujui oleh kedua belah pihak. Dan bagi para peserta Lampung - Jawa - Bali, kami akan menjemput dilokasi daerah tempat Anda menuju ketempat daerah objek wisata yang akan dikunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar